Kamis, 20 Oktober 2011

Warna

Lingkaran warna, Dikembangkan dari tiga warna primer, yaitu merah, kunig, dan biru
Lingkaran warna mempermudah dalam memahami warna. Dari tiga warna primer (merah, kuning, dan biru) diperoleh dua belas warna, yaitu merah, merah jingga, jingga, kuning jinggga, kuning, kuning hijau, hijau, biru hijau, biru, biru ungu, ungu, dan merah ungu. Sedangkan warna hitam dan putih adalah warna netral.
Spektrum warna ini membentuk kelompok warna hangat dan dingin.
Warna hangat, warna yang sangant cepat ditangkap mata. Memberi rangsangan ransangan energi untuk melihatnya. Yang termasuk warna hangat adalah merah, oranye, dan kuning.
Warna hangat, dikenal sebagai warna yang panas, berani, dan memberikan semangat. Untuk beberapa kasus, ruangan yang menggunakan warna hangat, penghuninya dominan lebih aktif.
Penggunaan warna hangat pada interior ruangan dikaitkan dengan jiwa muda sang pemilik atau desainer yang aktif, introvent, “egois” dan semangat.
Warna dingin dalah warna yang memberi kesan dingin. Warna tersebut ialah violet, biru, dan hijau.
Dalam interior, warna dingin diasosiasikan dengan benda-benda yang biasanya bersifat dingin, seperti air mancur dengan backdrop dinding alam atau dicat menggunakan warna dingin sehingga memberi nuansa tenang .

Lingkaran warna akan mempermuddah kita dalam memadupadankan warna. 

1 komentar: