Rabu, 22 Februari 2012

Turbin



A.    Pengertian Turbin

     Secara garis besar pengertian turbin adalah mesin penggerak, dimana energi fluida kerja dipergunakan langsung untuk memutar roda turbin. Jadi berbeda dengan yang terjadi pada mesin torak, pada turbin tidak terdapat bagian yang bergerak translasi, bagian turbin yang berputar dinamakan rotor, dan bagian yang tidak bergerak dinamakan strator atau rumah turbin. Roda (rotor) turbin terletak didalam rumah turbin (strator) dan memutar poros daya yang menggerakkan atau memutar bebannya. Beban yang dimaksud dapat berupa generator listrik, pompa, compressor, baling-baling atau perkakas lainnya. Di dalam turbin, fluida kerja mengalami proses ekspansi, yaitu proses penurunan pekanan dan mengalir secara kontinyu. Fluida kerjanya dapat berupa air, uap air, gas atau dapat berupa nuklir.


B.     Peralatan Mesin Turbin

      Pada permukaan roda turbin terdapat sudu-sudu, karena sudu-sudu ini bergerak bersama-sama dengan roda turbin, maka sudu tersebut dinamakan sudu gerak. Sudu-sudu akan terletak melingkari roda turbin yang bisa terletak dalam satu baris atau lebih dari satu baris. Jika terletak dalam satu baris dinamakan turbin bertingkat tunggal, sedangkan sudu-sudu yang lebih dari satu baris dinamakan turbin bertingkat ganda.
     Pada turbin bertngkat ganda fluida kerja melalui garis sudu yang pertama, kemudian baris kedua, ketiga dan seterusnya. Tetapi sebelum mengalir pada baris sudu berikutnya, fluida melalui baris sudu yang bersatu dengan rumah turbin yang dinamakan sudu tetap. Sudu tetap berfungsi untuk mengarahkan aliran fluida kerja masuk ke dalam sudu gerak berikutnya, tetapi dapat juga berfungsi sebagai Nozzle.


C.    Prinsip Kerja Turbin

     Apabila ada fluida kerja melalui ruang-ruang diantara sudu-sudu turbin sehingga roda turbin dapat berputar, maka dikatakan ada gaya yang bekerja pada sudu-sudunya. Gaya tersebut timbul karena terjadinya perubahan momentum dari fluida kerja yang mengalir diantara sudu-sudunya. Untuk penggerak dari sudu-sudu tersebut dianggap:
a.       Aliran steady, uniform, paralel dan satu dimensi.
b.      Tidak ada benda lain di dalam ruang-ruang diantara sudu-sudu.
c.       Pengaruh gaya grafitasi diabaikan.

Pada sebuah turbin, mungkin terdapat beberapa baris sudu gerak yang dipasang berurutan dalam arah aliran fluida kerja, setiap baris sudu terdiri dari sudu yang disusun melingkari roda turbin, masing-masing dengan bentuk dan ukuran yang sama. Turbin dengan satu baris sudu gerak dinamakan turbin beringkat tunggal. Sedangkan turbin dengan beberapa baris sudu gerak dinamai turbin bertingkat ganda. Dalam hal tersebut, terakhir fluida kerja turbin yang mengalir melalui sudu baris pertama, kedua, ketiga dan seterunya. Tetapi sebelum ke setiap baris sudu berikutnya, fluida kerja melalui baris sudu yang bersatu dengan rumah turbin, oleh karena sudu tersebut tidak bergerak berputar, sudu terbut dinamai sudu tetap, sudu tetap juga berfungsi mengarahkan aliran fluida kerja masuk kedalam sudu gerak berikutnya.tetapi juga berfungsi sebagai nozzle.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar